Pencarian

Selasa, 12 Januari 2016

Ciri-Ciri Kedewasaan

Halo sob, pada kesempatan ini kita akan sedikit membahas soal arti kedewasaan beserta ciri-cirinya, yang sempat saya kutip dari sebuah buku psikologi, namun saya tidak akan berpanjang lebar pembahasannya, cukup pada intinya saja, yuk kita mulai saja sob!
Menjadi tua itu adalah keniscayaan, sementara itu menjadi dewasa itu adalah pilihan, di sini bisa dimaknai bahwa orang memang akan menjadi tua, namun belum tentu mrnjadi dewasa cara berpikirnya, karena dewasa itu bisa didapatkan oleh orang yang berusia muda.

Dari sisi psikologi, menjadi dewasa berarti memiliki statis emosional, yaitu berupa kemampuan untuk memelihara ketenangan hati, kepasrahan, keberanìan, kepastian, dan keceriaan. Sementara situasi mungkin akan mengarahkan seorang yang tidak dewasa kepada kekhawatiran, ketakutan, kecemasan atau frustasi.

Berikut ini adalah ciri-ciri kedewasaan dari sudut pandang psikologi :
1. Memiliki perasaan tanggung jawab dan kebebasan yang baik.
2. Cenderung memiliki sikap memberi daripada menerima
3. Meningkat dari egoisme dan kompetitif menuju kerjasama dan perasaan untuk urusan kemanusiaan.
4. Mengakui dan menerima batasan-batasan sosial terhadap s*ks dan membuat s*ksualitas sebagai salah satu bagian dari kehidupan perkawinan.
5. Memahami bahwa agresivitas permusuhan, kemarahan, kebencian, kekasaran dan suka berkelahi merupakan kelemahan, sedangkan kelembutan hati, kebaikan dan niat baik adalah kekuatan.
6. Mampu membedakan fakta dari angan-angan.
7. Menjadi lentur dan dapat menyesuaikan diri dengan tepat perubahan yang di dikte oleh nasib dan keberuntungan.

Demikianlah postingan pada kesempatan kali ini mengenai arti kedewasaan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar