Pencarian

Rabu, 23 Desember 2015

Belajar Mengendalikan Keinginan

Kita sebagai manusia memang tidak lepas dari keinginan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini dan hal itu memang manusiawi, tetapi perlu diingat bahwa keinginan itu dapat menjerumuskan kita ke dalam jurang kemaksiatan manakala kita mendapatkannya dengan cara yang haram. Bahkan keinginan bisa menjadi sumber penderitaan manakala keinginan itu tidak dapat dicapai. Banyak contoh orang yang stres, sakit dan yang lebih parah lagi ada yang sampai nekad bunuh diri ketika keinginannya itu tidak kesampaian.

Oleh karena itu betapa pentingnya kita belajar untuk dapat mengendalikan keinginan dan juga belajar menerima kenyataan apabila kita gagal setelah kita mengusahakan keinginan kita untuk meraih kesenangan di dunia agar kita tidak sampai melakukan hal-hal yang justru tambah merugikan kita seperti yang telah dicontohkan di atas.

Kita semestinya mampu mengendalikan keinginan kita dan mengikuti aturan yang telah di buat oleh Allah, jangan sampai larut dalam kesedihan karena apa-apa yang kita inginkan belum didapat atau apa yang kita inginkan itu dilarang menurut aturan Allah, karena Allah SWT telah menjanjikan ada yang lebih baik dari pada kesenangan dunia tersebut yaitu kesenangan dan kebahagiaan di akhirat kelak yaitu Surga, seperti yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 14 "Di jadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang di ingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar