Pencarian

Selasa, 10 Maret 2015

Sikap Bijak Dan Pengalaman

Bijaksana atau bijak biasanya melekat pada orang yang sudah dewasa, meskipun orang yang sudah dewasa belum tentu bijak. Dalam hal Usia, memang secara pengalaman tentu saja orang yang berusia lebih tua akan lebih unggul, namun tak menjamin orangtua itu mampu berpikir lebih dewasa dan matang jika ia tak mampu memaknai dan mengambil hikmah dari pengalaman yang di dapatnya. Sifat bijak juga kadang selalu dilekatkan pada sosok pemimpin, namun lagi-lagi seorang pemimpinpun belum tentu bersikap bijak. Ada juga pemimpin yang bisanya cuma marah-marah ga jelas, berkata kasar dan senang menyalahkan orang lain sehingga tidak dapat memberi contoh yang baik Kepada anak buahnya.

Menjadi bijak adalah dambaan bagi orang yang berniat baik dan berpikir positif, namun untuk mendapatkan sikap seperti itu tidaklah mudah, perlu pembelajaran dari pengalaman dan kemauan.
Ada Quote yang menarik dari George Bernard Show yang mengatakan bahwa orang akan menjadi bijak bukan karena pengalaman tapi karena kapasitasnya dalam memaknai pengalamannya tersebut. Hmm...bisa juga ya, jadi pengalaman yang kita peroleh harus dimaknai, dipelajari dan direnungi agar menjadi pelajaran bagi kita untuk menjadi bijak. Mudah-mudahan dengan sering berlatih dan mau memaknai serta mengambil hikmah dari pengalaman yang telah dijalani, kita bisa menjadi bijak dalam menjalani lika-liku kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar