Pencarian

Selasa, 06 Januari 2015

Masa Lalu, Masa Sekarang Dan Masa Depan

Menjalani suatu peristiwa tak lepas dari yang namanya waktu.. kata yang singkat tapi sangat berarti, dimana segala aktivitas kita dimulai oleh waktu. ditandai oleh waktu dan diakhiri oleh waktu, jadi waktu adalah kehidupan. Baik itu yang bersifat lampau, kini atau pun kelak. Dalam kesia-siaan atau pun manfaat, orang tetap menjalani waktunya. Namun memberi warna pada waktu agar terlihat lebih cerah tentunya harus dilakukan.

Masa lampau terkadang tak lepas dari ingatan, parade kisah yang tergambar pada masa lalu tak jarang menghantui pada masa kini. Tak peduli itu kisah sedih atau bahagia, walaupun yang paling melekat dihati dan pikiran kita adalah kisah duka. Masa lampau adalah sejarah yang menggambarkan peristiwa- peristiwa yang telah terjadi baik itu peristiwa yang berakhir dengan manis atau kepahitan. Masa lampau adalah hikmah yang menggambarkan pelajaran- pelajaran yang bisa diambil, baik itu dari keberhasilan atau kegagalan yang kita alami.

Masa sekarang adalah masa yang tengah kita jalani dan pikirkan, mencari strategi hidup agar dapat sukses baik di dunia maupun akhirat. Masa sekarang adalah masa saat kita berjuang, masa saat berbagai macam tantangan benar-benar nyata menghadang kita.

Sementara masa depan adalah harapan, tujuan untuk meraih cita-cita yang didambakan, masa depan adalah ketidak pastian, masa yang belum tentu kita jalani. Masa depan masih berupa impian, destinasi ilusi yang bisa dicapai namun bisa juga tidak sampai.

Dari ketiga masa itu, tentu saja yang paling penting adalah masa sekarang, saat kita dapat melakukan hal yang baik dan benar pada masa kini, maka saat kita diberi kesempatan untuk mengenyam masa depan, maka masa depan itupun kemungkinan besar akan berjalan baik dan benar juga, jadi apa yang kita lakukan pada masa sekarang sangat menentukan apa yang akan kita alami pada masa depan. Lantas bagaimana dengan masa lalu? Masa lalu sudah jelas masa yang tak akan pernah kembali, namun masa lalu masih penting untuk dijadikan pelajaran, karena dari sanalah kita mengetahui kesalahan yang pernah kita lakukan dan jangan sampai terulang pada masa sekarang.
Itulah sedikit gambaran tentang waktu yang selalu kita isi selama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar