Pencarian

Jumat, 02 Januari 2015

Kota Bandung

Bandung memang tak lepas dari perjalanan hidipku, walaupun Aku tinggal di Kota Cimahi, namun aku mempunyai ikatan emosional yang cukup kuat dengan kota Bandung, karena selain letaknya memang bersebelahan dengan Kota Cimahi, Bandung juga merupakan Kota tempat aku lahir, Maka tak heran aku juga selalu memperhatikan perkembangan kota ini selain perkembangan kota dimana aku tinggal yakni Cimahi tentunya. Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat dengan ketinggian 656 m dari permukaan laut dan dikelilingi oleh pegunungan. Kota Bandung berjarak 180 km dari Kota Jakarta yang merupakan ibu kota negara Indonesia, dan dapat dicapai selama 15 menit melalui udara atau 3 jam melalui darat, bahkan setelah dioperasikanya jalan Tol Cipularang, perjalanan darat dapat ditempuh hanya dalam waktu dua jam saja.

Kata "Bandung" berasal dari bahasa sunda yang berarti Waduk atau Bendungan yang dikelilingi oleh pegunungan. Bendungan tersebut secara bertahap mengering dan berdirilah sebuah kota yang kemudian disebut Bandung. Kota ini telah melalui perjalanan yang cukup panjang dalam sejarah, sempat mencapai masa gemilang ketika dikenal sebagai "Paris Van Java" , dan Kota Kembang" pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad 20. Bandung juga terkenal dengan Bandung Lautan Apinya pada 24 maret 1946, kemudian pada april 1955, Bandung menjadi tempat diadakanya Konferensi Asia Afrika. Saat ini Bandungt telah berkembang pesat menjadi Kota Metropolitan dengan jumlah penduduk hampir mencapai 3 juta jiwa. Pembangunan industri dan infrastruktur terus berkembang, Namun efek negatif dari pembangunan mulai terasa, Bandung menjadi sesak dan padat, dijalanan kemacetan sudah menjadi hal biasa dan suhu udara makin meningkat. Pembangunan memang perlu di tengah perkembangan jaman seperti ini, tetapi hendaklah juga memperhatikan lingkungan agar pembangunan tidak menimbulkan dampak negatif yang terlalu besar bagi kota, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada warganya.
Pada era pemerintahan Ridwan Kamil yang merupakan walikota Bandung saat ini, memang cukup banyak gebrakan-gebrakan positif yang dilakukan oleh sang walikota, terutama pembenahan dan pembuatan taman-taman kota tematis yang dibuat nyaman untuk warganya, di antaranya Taman Jomblo dan Taman Musik. Bahkan Taman Alun-Alun Bandungpun telah direnovasi menjadi lebih indah meski menggunakan rumput sintetis.
Nah kita tunggu saja perkembangan kota Bandung selanjutnya, karena selain kemajuan-kemajuan yang telah dicapai, masih banyak juga pekerjaan rumah bagi pemerintah kota khususnya dan watga Bandung pada umumnya dalam memajukan dan menjadikan Kota Bandung menjadi Kota maju dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar